Manusia… Bajaj… Dan “bang ke stasiun tanah abang brapa?”

Bajaj adalah fenomena angkutan berkaki ganjil yang sering dipandang sebelah mata, berbagai mitos muncul seiring  kehadirannya yang melawan kodrat alam. Sesuatu yang  dipercaya lahir di india ini, hari ini tidak bisa dilepaskan dari identitas kota jakarta. Walaupun segala caci dan maki melekat di bajaj namun jakarta selalu memeluknya dalam romantika kesehariannya.

Tidak terlalu jelas apakah bajaj berasal dari babi? Seperti yang biasa digunakan untuk penamaan makanan yang pada mulanya mengandung babi… bakpau bakwan bakso bacang dsb.. Tak perlulah teman-teman semua meneliti, lagipula puja-puji akan babi selalu mengiringi di sekitar jejak bajaj melintas…. “BABIII YEEE TU BAJAJ BELOK NGGAK PAKE SEIN…. SAMBIL NGESOT LAGI….”

Setelah hadir dalam warna hijau, oranye, kuning, merah dengan jenis mesin yang sama, lama kelamaan warna oranye ternyata memiliki jiwa bertahan hidup yang lebih lama, tidak pernah jelas apakah kemampuan bertahan hidup ini dengan warna identitas kota jakarta juga sama. Ah tapi biarkanlah sang khalik yang menyimpan misteri ini. Hari ini bajaj tidak begitu menggetarkan jiwa saya, bukan karena hilangnya kharisma dan wibawa, tetapi lebih karena perubahan mesin yang digunakan lebih halus.

Melalui tulisan ini saya ingin sedikit membagi tips yang saya dapatkan ataupun saya rasakan ketika saya berada di dalam lindungan kubah terpal bajaj (atau sebetulnya saya sedang melindungi bajaj dari kepunahan?  Hmmmm)

Berikut catatan saya mengenai bajaj
1. Banyak mitos mengatakan bahwa hanya Tuhan dan abang bajaj yg tahu dia akan berbelok kemana…. Sebetulnya saya tahu… Bahwa Tuhan juga tidak pernah pernah tahu.

2. Seperti ajaran di mesjid yang selalu memberi perintah merapatkan shaf karena diantara jeda yang terlalu jauh makan disitu setan akan nyempil…. Disinyalir hal ini juga terbukti di jalan-jalan kota Jakarta… Ketika ada jarak diantara barisan mobil, niscaya diantaranya akan hadir sebuah bajaj dengan abangnya yang lagi menaikan kaki di dashboard bajajnya.

3. Menurut penelitian terbaru 9 dari 8 orang yang terkena tetanus disebabkan dari karat bajaj. Penelitian lanjutan menemukan di setiap satu sendok kotoran kuda terkandung 8.000.000ppm bajaj didalamnya.

4. Lampu sein bajaj edisi klasik dipercaya berasal dari mangkuk agar-agar. Hal ini yang menyebabkan mereka tidak pernah menyala….. Ehmmm gak ada urusannya juga sih.

5. Salah satu saran teman saya dalam hal pengajuan quotation harga tarif bajaj, kata ‘sebelum’ akan membuat lebih cepat di approve dibanding kata ‘sesudah’

*contoh: (untuk lokasi yg sama dari TIM cikini)
“Bang… ke sevel 15rebu ya…. Itu yang sebelum perempatan sabang” pengajuan ini bisa lebih mudah di approve dibandingkan kalimat “bang…. Ke sevel 15rebu ya…. Itu tuh yang abis restoran ny. Suharti…. maju lagi abis jalan jaksa”

6. Walaupun kondisi keuangan anda sedang terjepit, menawar harga tarif yang terlalu jauh akan berakibat pengurangan fasilitas yang bisa anda dapatkan. Mungkin apabila ini terjadi pada taksi maka fasilitas alat pendingin suhu akan menjadi hal yang tidak difungsikan. Bayangkan bila ini terjadi pada bajaj…. Mereka tidak menggunakan fasilitas alat penyejuk, apabila mereka harus mengurangi fasilitas… Kemungkinan terbesar dan paling sering saya alami adalah tidak difungsikannya rem…. Yups rem akan menjadi terlalu haram untuk diinjak harga dirinya. Sehingga bajaj akan melaju dengan sporadis secepat kilat mengantarkan anda sampai tujuan, supaya mereka bisa segera mencari penumpang lain yang bersedia mensubsidi ketegaan anda menawar. Tentu mereka tidak melihat itu sebagai upaya balas dendam dengan meberikan experience yang mendekati dunia akhirat.

Sebetulnya masih banyak catatan yang ingin saya letakan di sini, namun tampaknya saya harus mengalihkan layar ketik ini menjadi panjatan doa yang khusyuk karena saat ini saya berhasil menawar bajaj sebanyak 50% dari quotation yang diajukan si abang bajaj.

Bismillah….

Alooooohuakbaaaaarrr……

*catatan penulis: 8,5 dari 6 catatan diatas merupakan realita bukan rekaan apalagi rekaman di studio

-adityayoga-

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. anakmurid says:

    99% akurat lol. selamat mas! boleh tuh dishare gimana bisa 50% dari harga yang ditawarkan si empunya bajaj 😀
    c

    1. brutalator says:

      Hanya dedikasi dan pengalaman yang bisa membawa ke titik tersebut….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s