Saya dan garuda merah di ‘I Love RI”

image

Halo semua, mohon maaf apabila tiba2 saya nongol dan ngoceh agak panjang 🙂

Perkenankan saya sedikit memberikan gambaran mengenai sebuah ikon yg sudah kami gunakan selama hampir tujuh tahun dan belakangan ini tampaknya ada ganjalan terkait dengan ikon tersebut. Mengenai ‘garuda merah’ yang digunakan oleh pasangan capres nomor urut satu  dan ikon “I (garuda) RI”

Pertama tama kami tekankan bahwa kami.tidak ada kaitan apapun dengan kampanye politik kedua kubu. Ikon yg kami gunakan murni inisiatif individu tidak terkait sedikitpun dengan kegiatan politik.

Berikut sedikit kilas balik terkait ikon “I (garuda) RI”

pada medio 2007 saya mencapai titik muak pada semua aspek yang ada di negara ini. Namun kemarahan atas berbagai hal tidak memecahkan masalah yang ada. Lalu saya sampai di titik berpikir kenapa saya harus capek2 marah sedangkan saya tidak berbuat untuk negeri ini melalui profesi saya.

Mengingat tidak memiliki kemampuan yang memadai di berbagai hal kecuali bermain visual maka saya mencoba mengajak sekitar saya untuk melihat indonesia dari sudut yang positif (melalui visual). Setelah melakukan sedikit research akhirnya saya berinisiatif untuk mengambil inspirasi dari bahasa komunikasi ‘i love ny’ yang diciptakan oleh Milton Glaser untuk meningkatkan kecintaan warga akan kotanya.

Sedikit analisa menunjukan dasar bentuk siluet garuda sekilas nampak seperti shape hati (love), hal ini membuat saya bertanya apakah bila saya ganti komposisi huruf dan shape hati menjadi garuda bisa membuat indonesier lebih mencintai indonesia? Sebagai desainer saya juga tentu melakukan riset mengenai hukum yg berlaku baik dari sisi HAKI (mengingat bentuk yg terinspirasi dari karya milton glaser) dan penggunaan penyederhanaan lambang negara (pada hal ini membuat menjadi siluet atau bayangan).
Setelah meyakinkini kembali tujuan utama dari penciptaan ikon ini…maka saya memberanikan diri untuk
mempublikasikannya…dan tampaknya masyarakat dapat menerima dengan mayoritas mengucapkan sebagai ‘I love RI’.

Masalah tidak sampai di penciptaan ikon saja, keterbatasan kemampuan saya dalam menyebarkan ikon ini terhadang biaya yg tidak mungkin saya keluarkan melalui kantong saya pribadi dan setelah saya analisa menjadi sangat tidak efektif bila saya keluarkan dalam bentuk poster atau apapun kampanye sosial lainnya, maka menjadikan ikon ini diaplikasikan ke dalam bentuk kaos (awalnya) adalah sebuah rencana yg dipikirkan secara matang. Kami percaya bahwa kaos adalah salah satu media statement yg sangat kuat (anak metal pasti gak mau pake kaos jkt48 tho….vice versa dsb) maka…pemakai kaos ini akan menjadikan orang2 memiliki statement yg kuat mengenai kecintaannya pada indonesia. Dan saya memang mengharapkan untuk menarik garuda dari kesakralan yg semu, sebuah kesakralan yg berjarak dimana garuda pancasila hanya bisa saya lihat di atas dinding yang tidak terjangkau. Saya ingin mengajak semua untuk merasakan bahwa garuda adalah bagian dr keseharian kita yg jauh lebih sederhana, karena disitu saya lebih merasa dekat dengan semua nilai2 yg terkandung di dalamnya. Dan itulah kesakralan garuda bagi saya.

Saya dan teman saya melakukan berbagai inisiatif ini melalui situs sederhana http://hiduplahindonesiaraya.wordpress.com sebuah gerakan non politik dengan berbagai kegiatan yg sudah kami kerjakan selama ini, salah duanya adalah {bingkai.nusantara} (bingkainusantara.wordpress.com) dan @puisinegeri (twitter).

Banyak hal yg terjadi selama 7 tahun kami bergerak, dan satu hal yg kami pertahannkan adalah keinginan mengajak semua melihat indonesia dari sudut yg positif. Gerakan ini adalah gerakan non politik inisiatif saya dan teman saya Pandu Widhi, gerakan ini akan terus berkembang dan bercabang, karena kami percaya gerakan awal kami ini barulah tunas.

Masih banyak hal yg memang harus kami jelaskan terkait dengan inisiatif kami…semoga lain waktu bisa ditambah 🙂

“Keep indonesia close to your heart”

-adityayoga-

-bruts-

Leave a Reply

